Thursday, July 26, 2012

Air Untuk Masa Depan


 Its About Us : AIR UNTUK MASA DEPAN

 Air Kehidupanku , Masa Depanku ...
   
Air merupakan sumber utama kehidupan. Semua makhluk hidup tergantung terhadap air dan kita tak dapat bertahan hidup tanpa air.  Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebabkan kekurangan air , oleh karena itu sudah saatnya kita mulai menghargai air dengan melakukan pemafaatan sumber daya ini dengan baik . Banyak hal yang dapat  kita lakukan untuk menghargai air. Memperbaiki prilaku dalam memakai air adalah contoh yang paling sederhana dalam menghargai air. Aplikasi dalam kehidupan sehari-hari misalnya dengan tidak membiarkan air mengalir (mematikan keran air) pada saat mencuci muka,  menggunakan ember saat mencuci kendaraan, jangan memakai slang karena akan sangat boros sekali dan juga memperbaiki kran yang bocor.



Seberapa Penting Air Bagi Makhluk Hidup...

Air sangat penting bagi makhluk hidup. Air berfungsi sebagai pelarut zat-zat dalam tubuh, sistem pengangkut, dan tempat berlangsungnya reaksi-reaksi biokimia di dalam tubuh. Keberadaan air pada suatu ekosistem sangat memengaruhi jenis makhluk hidup yang dapat hidup. Hewan dan tumbuhan juga beradaptasi untuk menyesuaikan dengan keadaan air di lingkungannya. Bagi tumbuh-tumbuhan air sangat penting untuk melakukan proses fotosintesis. Proses fotosintesis menggunakan air untuk membentuk energi. 

Di daerah gurun yang kandungan airnya sedikit mempunyai jenis hewan dan tumbuhan yang sangat berbeda dengan daerah hutan hujan tropis. Contohnya kaktus yang hidup di gurun pasir daunnya mengalami modifikasi menjadi duri untuk mengurangi penguapan. 

Sama halny dengan manusia, air dibutuhkan dalam proporsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan manusia terhadap air bergantung pada lingkungan hidup, keaktifan manusia, cuaca, kesehatan, bahkan untuk wanita hamil dan menyusui. Walaupun tidak bisa dipastikan kebutuhan yang cocok untuk semua orang, dengan tau lebih banyak tentang kebutuhan air untuk tubuh sangat membantuk untuk memperkirakan air yang perlu diminum tiap harinya. Seperti yang kita ketahui, manusia terdiri dari 70-80% air, bahkan otak kitapun terdiri dari 85% air. Kita perlu air  yang mencukupi untuk menjaga tekanan darah, kebutuhan plasma darah, dan menjaga tubuh agar bekerja sebagaimana mestinya. Manusia dapat hidup tanpa makan selama berbulan-bulan ,tetapi tidak bisa hidup tanpa air dalam beberapa hari. Dalam keadaan tertentu ketika air PAM mati, kita semua rela mengeluarkan uang banyak untuk mendapatkan air. 

Kesadaran masyarakat akan pentingnya menghargai air masih sangat kurang. Faktanya dapat dilihat saat ini dimana sungai-sungai mulai tercemar akibat dari perbuatan manusia, seperti membuang sampah dan kotoran sembarangan, juga karena limbah industri. Maka dari itu sangat penting masyarakat menjaga kebersihan air dan menggunakan air secara ekonomis untuk melestarikan air demi masa depan


Peranan Air di Dalam Lingkungan Hidup Seiring sebagai Sarana Pariwisata 


Mentari menyeruak di ufuk timur, 
menyinari hamparan padi yang menguning. 
Sinarnya yang malu-malu 
mempertegas keindahan pagi 
di tengah hamparan sawah ini. 
Gemericik air dan alunan burung pipit
 seolah mengiringi rembulan menuju peraduan.
 Pagi ini terasa masih sama seperti pagi
 di saat lumpur sawah itu
 aku lempar ke tubuh seorang teman
 ataupun saat menceburkan diri 
di sebuah kali dengan pancuran yang menenangkan.
 Tidak salah jika para wisatawan berbondong-bondong 
menengok desaku ini 
demi merasakan aura Ubud yang sebenarnya.


Ubud merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Bali yang menyediakan objek wisata alam. Sebagian besar mata pencaharian dari penduduk adalah bertani di sawah. Keadaan alam yang berbukit menyebabkan  pengelolan lahan sawah menggunakan sistem terasering. Pertanian seperti ini membutuhkan air secara mutlak untuk mengairi tanaman padi. Sumber mata air sendiri terletak pada daerah pegunungan yang lebih tinggi dan mengalir pada satu sungai utama, yaitu Tukad Ayung.




Sumber air yang tersedia jauh lebih terbatas daripada lahan pertanian yang harus diairi. Diperlukan manajemen air yang adil sehingga seluruh lahan sawah mendapatkan air yang layak. Untuk itu, leluhur kami merancang sistem pembangian air yang sampai saat ini terkenal dengan nama Subak. Cara kerja metoda ini sangat sederhana. Sebagai ilustrasinya adalah sebagai berikut: jika daerah A terdapat 1 hektar sawah dan daerah B terdapat 2 hektar sawah, maka sebanyak 1 bagian air akan diarahkan ke daerah A dan 2 bagian air akan diarahkan pada daerah B. Pembagian ini dilakukan disetiap percabangan sungai (gambar pembagian air)

Pada musim kemarau dengan debit air yang sedikit, maka akan ditempuh cara lain untuk mengatasinya, seperti: daerah A akan dianjurkan untuk menanam tanaman lain yang tidak membutuhkan banyak air, seperti jagung, kacang tanah, kedelai, dll. Air yang ada dapat sepenuhnya dialirkan ke daerah B. Biar adil, musim kemarau berikutnya daerah B yang menanam tanaman bukan padi, demikian seterusnya.

Dengan pembagian semacam ini maka seluruh lahan sawah akan mendapatkan air dengan layak, sehingga dapat mencegah terjadinya konflik. Sejauh ini belum pernah saya perhatikan terdapat konflik antar petani yang disebabkan oleh perebutan sumber daya air.  Sistem subak sendiri telah dilegalkan keberadaannya oleh pemerintah dengan peraturan daerah Pemerintah Daerah Provinsi Bali No.02/PD/DPRD/1972. Selain itu setiap desa adat di Bali menerapkan sistem subak yang disesuaikan dengan keadaan setempat, bahkan telah diatur pada awig-awig adat (sistem perundang-undangan tertinggi pada suatu daerah) masing-masing.

Seiring dengan perkembangan pariwisata dan lingkungan yang tertata dengan baik, sungai Ayung yang merupakan sumber air bagi pertanian di Ubud juga dimanfaatkan sebagai tempat arung jeram. Selama melakukan arung jeram, selain mendapatkan tantangan dari riak air sungai, wisatawan juga dapat menikmati keindahan panorama tebing dan kesegaran air yang masih alami. Masyarakat yang bertempat tinggal sepanjang sisi sungai Ayung, tidak ada yang membuang sampah rumah tangga ke sungai, sehingga sampai sekarang air yang mengalir masih jernih dan terbebas dari polusi. Keberadaan arung jeram ini tentunya dapat menambah pendapatan masyarakat selain dari bertani.


Ternyata pengelolaan yang bijak pada sumber daya air dapat memberikan timbal balik baik pada kita. Secara tidak langsung, keindahan panorama terasering sawah dapat menarik minat pariwisata yang berkunjung dan panorama sungai yang masih lestari dapat dimanfaatkan sebagai sarana rafting. Saat kita merawat dan memanfaatkan alam dengan bijak, maka alam sendiri akan menebarkan auranya yang positif pada kita. Seperti kata orang bijak :  We not inherit this lands from our fathers, but we borrow it from our children. Bumi ini bukanlah warisan leluhur kita, akan tetapi hanyalah titipan dari anak cucu kita. Untuk itu marilah kita jaga bumi kita, sehingga anak cucu kita masih bisa tersenyum seperti kita di pagi hari ini.


                                                  (sawah)

 (arus air)


(sawah)


(sawah)

23 comments:

  1. Betul ngt tuwh,..Tanpa air semua mahluk hidup bs punah

    ReplyDelete
  2. betul banget tuh , tanpa air makhuk hidup tak bisa hidup

    ReplyDelete
  3. sip-sip setuju,,,!!!
    tapi jangan cuma d hemat aja ya,,,
    mari kita menanam pohon untuk persediaan air di masa depan,,,
    (^__^)b

    ReplyDelete
  4. Tanpa air, qta ga bisa idup , setuju. (y)

    ReplyDelete
  5. nice start..let do our best..
    love it :)

    ReplyDelete
  6. pepatah blg,,dimana ada setitik air,,dsna pzti ada kehidupan..

    weww,,how important it is

    ReplyDelete
  7. can't wait to write the main article.. keep support yh :)

    air itu lebih penting dari makanan.. menurut riset, daya tahan manusia tanpa air lebih pendek daripada daya tahan tanpa makanan.. jadi lebih penting minum daripada makan untuk keberlangsungan kehidupan..

    ReplyDelete
  8. betul betul kita harus menghargai air demi masa depan.... ^_^ keren... terkadang kita nggak peduli dan suka membuang-buang air bgtu saja. tidak memanfaatkan sebaik mungkin. padahal saudara2 kita banyak yang kekeringan. banyak yang tidak memilii air bersih... Smangd temen gunakan air sebaik-baiknya.......

    ReplyDelete
  9. tak ada mahluk yang bisa hidup tampa air...

    ReplyDelete
  10. semangattt,.,sukses yoo,.,

    ReplyDelete
  11. aiR tUch sUmbEer pEntiNg kEhidUpAn,..
    kaRnA daLam tUbUh kitA mEngAndUng bAnyAk cAiRan sEbAgAi prOsEs mEtAbOlismE tUbUh,..
    =D

    ReplyDelete
  12. gunakan fungsi fungsi natural sebagai energi dalam blog ini..

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. setuuujjuuu..contoh kecilnya nih yee...banyak rumah gedongan sono yang punya kolam renang pribadi di rumahnya (*maaf kalo ada yang tersinggung)..padahal kalo di pikir-pikir..air yang mereka pake buat renang itu mungkin sama banyaknya dengan konsumsi air yang di pake ama orang sekampung..
    jadi intinya mari kita mandi di empang,,heheeh bukan maksud saya..mari mengurangi penggunaan air untuk hal-hal yang sepantesnya bisa di hemat..
    ^^

    ReplyDelete
  15. mudah2n dengan membaca blog ini dapat mengingatkan kita betapa pentingnya air dalam kehidupan...

    ReplyDelete
  16. Nice.... smoga makin byk yg sadar manfaat air & melestarikanny :)

    ReplyDelete
  17. Mari kita jaga agar air tetap ada, karena smua mahluk di bumi ini tak bisa hidup tanpa air... :)

    ReplyDelete
  18. Gunakan air secara ekonomis..
    Ntar kalo airny uda ga ada, nangis darah deh..

    ReplyDelete