Saturday, August 11, 2012

Manfaat Bengkuang

   Bengkuang adalah buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral yang sangat berguna untuk kesehatan. Sebuah bengkuang mengandung vitamin C, zat gula, fosfor, kalium, dan zat besi. Disamping itu, umbinya juga mengandung kadar air 85% - 96% dan oligosakarida yang menyebabkan rasa manis. Kadar air yang cukup tinggi pada bengkuang dapat menyegarkan tubuh setelah mengkonsumsinya dan menambah cairan tubuh yang diperlukan untuk menghilangkan lemak yang mengeras, sehingga bengkuang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  Pada saat ini bengkuang adalah bahan alami yang digunakan untuk perawatan terbaik bagi tubuh kita. Dengan cara sederhana yaitu dengan mengkonsumsi bengkuang, kita sudah mendapatkan zat-zat yang berguna yang diperlukan oleh tubuh kita. Selain mengkonsumsi langsung , kita juga bisa mengolahnya menjadi bentuk makanan lain.

  Sari bengkuang sudah banyak ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit dan wajah, seperti digunakan untuk masker wajah, sabun wajah, lulur, dan lotion. Bengkuang identik dengan pemutih kulit karena manfaat bengkuang khusus sebagai alat kosmetik. Bengkuang diolah dalam bentuk masker sejak dulu dipercaya dapat menghaluskan kulit.

Manfaat bengkuang lainnya adalah 

1. Mengobati Sariawan
    Kandungan vitamin C pada bengkuang bertugas sebagai antioksidan yang membantu penyembuhan pada penderita sariawan. Bengkuang dapat diolah menjadi jus bisa ditambahkan madu dan air secukupnya

2. Mengurangi Produksi Asam Lambung
    Karena sifat alkali bengkuang, asam lambung yang berlebihan dapat diserap. Mengurangi asam lambung dengan cara mengonsumsi bengkuang segar.

3.  Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh
     Kandungan vitamin C dapat menjaga tubuh dan mencegah dari berbagai jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri , mikroorganisme.

4. Mengobati Demam
   Sifat kimiawi bengkuang yang berkhasiat mendinginkan dapat meredakan demam. Bengkuang diolah menjadi jus, diminum pada pagi hari dan sore hari

5. Mengobati Penyakit Beri-Beri
     Penyakit ini timbul karena kekurangan vitamin B1. Bengkuang diolah menjadi jus, diminum pagi hari atau sore hari setalah makan.

7 comments:

  1. baru kali ini saya tahu manfaat lain bengkoang selain sebagai bahan rujak buah :D

    ReplyDelete
  2. kok bisa ya, orang jaman dahulu, bisa menemukan ide kalo bengkoang bisa dijadikan lulur kulit? benar benar cerdas

    ReplyDelete
  3. tanaman ini aslinya darimana yah? kemungkinan kecil kalo asli Indonesia

    ReplyDelete